Teknik Dasar Cara Memanah Untuk Pemula

Teknik dasar memanah ini sudah banyak yang menulisnya yang juga ditulis dibuku oleh beberapa pengarang buku terkenal. Teknik tersebut dilakukan untuk pencapaian yang maksimal karena memang untuk menembak sasaran yang ada di depan mata. Disini seorang pemanah harus focus pada bidikan mereka sehingga tidak luput dari sasaran. Dalam hal ini, bagian yang paling penting yang harus benar-benar dikuasai oleh pemanah adalah sikap saat memanah. Disini mereka dituntut agar tidak menyalahi aturan gerak saat memanah. Ada beberapa yang salah gerak yang berakibat pada lengan yang terkilir atau bagian jari yang terkena oleh busur tali. Semua teknik dasar pada olahraga memanah ini dibutuhkan oleh semua pemanah. Tips memanah ini juga ditujukkan oleh semua kalangan yang hobby memanah.

Pada dasarnya ada beberapa cara memanah untuk pemula yang sangat dasar dan mudah untuk dilakukan. Cara ini bisa membantu kita mempelajari teknik-teknik yang bisa mengembangkan kemampuan kita dalam memanah. Cara yang harus diperhatikan untuk pemain pemula bisa disimak sebagai berikut.

  1. Cara berdiri

Cara memanah untuk pemula yang pertama adalah posisi berdiri. Posisi yang sangat baik dilakukan adalah dengan tegak berdiri dengan memandang sasaran di depan kita. Langkah yang satu ini menjadi cara penting dalam memanah untuk pemula. Dengan menjaga keseimbangan tubuh yang mana posisi tegak bisa membantu kita untuk mengarahkan busur panah ke sasaran yang tepat. Posisi kaki menjadi tumpuan kita saat memanah.

  1. Cara memegang dan menarik tali busur

Cara memanah dasar untuk pemula selanjutnya adalah cara memegang dan menarik panah. Saat memagang busur jangan terlalu kaku dan posisikan dalam keadaan santai. Kemudian saat menarik tali busur, angkatlah busur yang anda pegang setinggi bahu. Selain itu, pastikan juga bahwa lengan yang memegang busur tersebut benar-benar terkunci. Kemudian, tarik tali busur tersebut sampai ke rahang bagian bawah. Sehingga anda akan melepaskan panah tersebut dengan tepat walaupun tidak melesat dari sasaran.

Sumber: Utsmani Archery