Rental Mobil Solo ke Kampung Wisata Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan telah ada sebelum 15 Masehi, sejak jaman pemerintahan Joko Tingkir dari Kerajaan Pajang. Kampung ini merupakan daerah penghasil batik yang tertua di tanah air. Selain penghasil batik, kampung Laweyan juga merupakan sebuah kawasan bersejarah yang menjadi cikal bakal dari Kota Solo. Berwisata ke tempat ini tentu akan sangat menarik dan memberikan pengalaman sejarah yang mendidik. Menggunakan layanan rental mobil Solo, wisatawan dapat melakukan lebih dari sekedar berbelanja.

Obyek Wisata di Kampung Batik Laweyan

Laweyan telah menjadi Kampung wisata Batik sejak tahun 2004. Fasilitas untuk wisatawan telah disiapkan, termasuk fasilitas transportasi. Contohnya adalah jalan-jalan di daerah ini yang cukup besar untuk dilalui oleh rental mobil Solo. Daerah yang terkenal sebagai kampung juragan batik ini memiliki berbagai peninggalan sejarah yang kini di jadikan obyek wisata yang menarik. Obyek-obyek wisata yang dapat dinikmati di Kampung Wisata Batik Laweyan diantaranya adalah:

Industri dan gerai batik

Saat ini jumlah usaha batik di Laweyan mencapai 80 UKM dengan kurang lebih 50 gerai. Usaha yang dilakukan secara turun-temurun ini juga menjual produknya ke mancanegara. Berbagai jenis batik dibuat ditempat ini. Seperti batik tulis, cap, tolet, smok, kombinasi hingga batik printing. Tidak hanya kainnya, baju batik dan produk batik lainnya juga mudah kita temukan dengan harga yang bervariasi. Memang produsen batik di Laweyan telah menyisir semua lapisan masyarakat, baik kelas bawah, menengah hingga atas.

Kursus membatik

Wisatawan yang mengunjungi Kampung laweyan dengan rental mobil Solo dapat melihat proses pembuatan kain batik secara langsung. Baik yang dibuat ditempat ini adalah batik tulis, printing ataupun cap. Kursus membatik juga diselenggarakan secara singkat maupun intensif. Kursus singkat berlangsung selama 2 jam, sedangkan kursus intensif dilaksanakan selama beberapa hari. Dalam kursus ini peserta dapat mempelajari cara membuat pola, membuat batik serta mewarnai menggunakan teknik tolet atau colet. Sertifikat pun dapat diperoleh oleh peserta kursus batik intensif.

Cagar Budaya Nasional

Laweyan juga merupakan Cagar Budaya Wisata karena menyimpan berbagai bangunan bersejarah yang unik dan artistik. Ada banyak bangunan-bangunan kuno bergaya art deco yang selalu terjaga kelestariannya. Salah satu bangunan tersebut adalah Ndalem Tjokrosoemartan yang memiliki arsitektur Kolonial-Jawa yang indah dan mewah. Cagar budaya lainnya adalah Masjid Laweyan. Masjid yang didirikan tahun 1500an ini, merupakan masjid Kerajaan Pajang yang pertama. Anda bisa leluasa berkeliling melihat bangunan-bangunan antik tersebut menggunakan sewa mobil Solo.

Wisata kuliner Laweyan

Selain berbelanja batik, di Kampung Laweyan ini, wisatawan juga dapat menikmati berbagai kuliner tradisional khas Solo. Sebuah rumah abad ke-18 yang megah telah diubah menjadi sebuah pusat kuliner Laweyan. Disini wisatawan dapat menikmati berbagai makanan tradisional seperti Nasi Ayam Kampung Goreng, Nasi Oseng Teri ataupun Nasi Numani. Ada juga minuman tradisional seperti Wedang Tape, Wedang Jahe Kencur Jeruk Sere, Wedang Rempah yang bisa Anda nikmati. Untuk camilan, tempat ini menyediakan kue Ledre, Apem dan lain sebagainya.

Kampung Wisata Batik Laweyan terletak di Kota Solo. Dari Jalan Slamet Riyadi, Anda sudah dapat melihat gerbang masuknya. Jika Anda menggunakan rental mobil Solo, maka perjalanan berikutnya adalah mengunjungi gerai-gerai batik yang terdapat disepanjang jalan. Keindahan bangunan-bangunan tua yang menjadi saksi kejayaan batik Laweyan dapat Anda nikmati dengan nyaman dari atas mobil.

Rental mobil Solo sangat cocok digunakan berwisata ke Kampung Batik Laweyan. Di sini kita dapat berbelanja batik, mengikuti kursus, menikmati cagar budaya dan berwisata kuliner.