Apakah Selama Ibadah Umroh dan Haji Boleh Berdagang?

Sementara itu, didalam ibadah ibadah umroh dan haji, jamaah masih diperbolehkan untuk berdagang. Musim ibadah umroh (dapatkan program paket umroh murah) dan haji adalah musim “panen” bagi pedagang. Hal itu diperbolehkan hanya saja apabila telah bertolak menuju Arafah maka kita disuruh banyak-banyak berdzikir. Pesan itu tertuang didalam firman-Nya.

“Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia dari Tuhanmu. Maka apabila kamu telah bertolak dari ‘Arafah’, berdzikirlah kepada Allah di Masy’aril Haram. Dan berdzikirlah Allah sebagaimana yang ditunjukan-Nya kepadamu; dan sesungguhnya kamu sebelum itu benar-benar termasuk orang-orang yang sesat”. (al-Baqarah : 198)

“Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak dan mohonlah ampun kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (al-Baqarah : 199)

Biaya umroh murah 2017
Biaya umroh murah 2017

Selama Ibdah Umroh dan Haji Terus Berdzikir

Allah juga berpesan agar dzikir itu dilakukan terus menerus meskipun prosesi ibadah umroh dan haji telah selesai. Dzikir dalam hal ini termasuk berdoa. Doanya pun Allah ajarkan sekalian, mana yang baik dan mana yang buruk. Jika hanya berdoa untuk manfaat dunia tanpa manfaat akhirat maka doa tersebut tidak berguna. Firman Allah,

“Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah ibadah umroh dan hajimu, maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut nenek moyangmu, atau berdzikirlah lebih banyak dari itu. Maka diantara manusia ada orang yang berdoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami di dunia, ‘dan tiadalah baginya bagian di akhirat”. (al-Baqarah : 200)

Untuk itu, doa harus diperuntukkan bagi dunia dan akhirat. Doa ini sangat terkenal dikalangan kaum muslimin karena menjadi penyudah atau penutup segala doa (sebelum membaca shalawat tentunya), disebut dengan doa “Sapu Jagat”. Doa ini lazim dibaca jamaah ibadah umroh dan haji ketika sedang thawaf yaitu ketika posisi berada diantara Rukun Yamani dan Rukun Hajar Aswad.

“Dan diantara mereka ada orang yang berdoa, ‘Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah wa qinaa adzzabannar. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”. (al-Baqarah : 201)

Dizikir dan Doa Setelah Doa Sapu Jagat Dalam Ibadah Umroh dan Haji

Seringkali ditambahkan dengan “wa-adkhilnal jannata ma’al abrar, ya aziiz, ya ghaffaar, ya rabbal ‘aalamiin. Dan masukanlah kami kedalam surga bersama orang-orang yang berbakti, wahai Dzat Yang Maha Perkasa, Maha Pengampun dan Tuhan sekalian alam”. Allah akan berikan pahala yang banyak dan cepat bagi mereka yang berdoa seperti itu, sebagaimana penjelasan ayat selanjutnya,

“Mereka itulah orang-orang yang mendapat bagian daripada yang mereka usahakan; dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya”. (al-Baqarah : 202)

Allah juga menyuruh kita melakukan dzikir yaitu membaca takbir, tahmid, talbiyah dan sebagainya pada hari-hari tasyriq (11, 12 dan 13 Dzulhijjah) baik bagi mereka yang melakukan navar awal (yaitu pulang dari Mina ke Mekah pada tanggal 12 Dzulhijjah) atau nafar tsani (yaitu pulang dari Mina ke Mekah pada tanggal 13 Dzulhijjah). Ayatnya berbunyi demikian,

“Dan berdzikirlah Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan, maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketauhilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya”. (al-Baqarah : 203).

Dapatkan informasi seputar biaya umroh murah 2017 di website kami www.perjalananumroh (dot)com. Semog info ini bermanfaat.